6 Mei 2015

(Review) Film Opera Jawa (2006)

Opera Jawa (2006)

Pada tugas softskill saya kali ini saya akan mereview film Opera Jawa yang pertama tayang pada tahun 2006 yang distutradarai oleh Garin Nugroho. Saya akan akan menganalisis tentang film ini terutama budaya yang terdapat pada film ini.
Film ini merupakan film opera yang dimana adegannya hanya diisi oleh tarian dan nyanyian tidak ada dialog pada film ini, seluruh musik dalam film ini di aransemen sendiri menggunakan bahasa jawa yang dimana musik musiknya kental sekali dengan alat musik gamelan dan tembang jawa. Selain musik latarnya juga dikerjakan oleh para pelukis yang bekerja sama dengan sutradara film ini. Film ini sendiri menggabarkan banyaknya konflik yang ceritanya diambil berdasarkan kisah Ramayana.
Cerita ini sendiri lebih menceritakan kisah yang berdasarkan usaha gerabah goncangnya surut, di satu sisi Ludiro yang dimana ludiro ini adalah pengusaha kaya yang berusaha merebut siti intinya film ini merupakan kisah cinta segitiga yang dimana Ludiro mengusahakan apa saja untuk merebut Si siti yang pada akhirnya siti merasa bahwa dua lelaki itu merupakan simbol dari hawa nafsu dan kalap.
Sedangkan unsur budaya pada film ini adalah terletak pada ceritanya yang kental tentang budaya jawa tarian tarian yang basicnya dari adat jawa, dan musiknya yang kebanyakan menggunakan bahasa jawa, latarnya yang dikerjakan sedemikian rupa oleh para seniman.

Sekian Review film saya yang berjudul Opera Jawa, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih




0 komentar:

Posting Komentar